VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA

Hingga kini pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin mulai dilakukan. Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Lantas apa alasan setiap orang harus menjalani vaksinasi COVID-19 sesegera mungkin?

Vaksin dibuat untuk mencegah penyakit, Vaksin Covid-19 adalah harapan terbaik untuk menekan penularan virus corona. Namun, mungkin masih banyak masyarakat awam yang masih mempertanyakan manfaat, cara kerja atau mungkiin efek samping yang dapat terjadi setelah di Vaksin. Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi. Padahal pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi. Mendapatkan vaksin covid-19 maka bisa melindungi tubuh dengan menciptakan respons antibodi di tubuh tanpa harus sakit karena virus corona, vaksin covid-19 mampu mencegah seseorang terkena virus corona. Atau, apabila kita tertular, vaksin dapat mencegah tubuh dari sakit parah atau potensi hadirnya komplikasi serius.

Dengan mendapatkan vaksin kita juga akan membantu melindungi orang-orang di sekitar dari virus corona. Terutama orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat covid-19. Vaksin Covid-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus corona. Namun perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi Virus Corona.

Secara umum efek samping yang timbul dapat beragam, pada umumnya ringan dan bersifat sementara, dan tidak selalu ada, serta bergantung pada kondisi tubuh. Efek samping ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar, namun tetap perlu dimonitor. Melalui tahapan pengembangan dan pengujian vaksin yang lengkap efek samping yang berat dapat terlebih dahulu terdeteksi sehingga dapat dievaluasi lebih lanjut. Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin. Saat ini jumlah vaksin yang tersedia di indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa kelompok yang termasuk proritas Vaksin Covid-19 :

  1. Tenaga kesehatan yang memiliki risiko tinggi tertular dan menularkan Covid-19.
  2. Orang dengan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi tertular dan menularkan Covid-19 karena tidak dapat melakukan jaga jarak secara efektif, seperti anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.
  3. Orang yang memiliki penyakit penyerta dengan risiko kematian tinggi bila terkena Covid-19.

Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin Covid-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok peneerima vaksin covid-19 lainnya intik memulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus covid-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia.

 Jenis vaksin yang paling banyak dipakai di Indonesia :

Vaksin AstraZeneca dan Sinovac mungkin perlu kamu pahami. Pasalnya, kedua jenis vaksin adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama, kamu tetap harus mengenali secara detail.

vaksin AstraZeneca dan Sinovac  mungkin perlu kamu pahami. Pasalnya, kedua jenis vaksin adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama, kamu tetap harus mengenali secara detail.

Vaksin AstraZeneca dan Sinovac tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk melindungi tubuh dari paparan virus Corona. Kandungan, dosis, efek samping, teknologi yang digunakan, hingga efikasinya tentu perlu kamu perhatikan. Perbedaan vaksin AstraZeneca dan Sinovac bisa dilihat dari kandungan hingga efikasinya.

Vaksin AstraZeneca dan Sinovac telah dinyatakan memenuhi standar internasional oleh WHO, baik dalam proses pembuatan, keamanan, maupun efikasinya. Jadi, tentunya kamu tidak perlu pilih-pilih vaksin lagi. Semakin cepat semua orang mendapatkan vaksin, semakin cepat pula pandemi ini berakhir.

 

Sumber :

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *