Rekayasa Bahan Galian Industri

Deskripsi

Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat melimpah salah satunya bahan galian industri yang terjadi akibat dari proses pembentukan pegunungan, aktivitas magma gunung berapi, dan sedimentasi yang telah berlangsung pada periode waktu yang lama. Bahan galian industri sangat berperan dalam kehidupan manusia yang sebagian besar digunakan sebagai komponen bahan konstruksi seperti bata, genting, semen, batu dan pasir, keramik, serta kaca. Bahan galian industry memiliki peran penting terhadap perekonomian suatu negara. Tingkat permintaan bahan galian industri tergantung pada tingkat populasi penduduk dan pendapatan perkapita. Semakin meningkatnya populasi dan tingkat ekonomi masyarakat disuatu negara akan meningkatkan permintaan bahan galian industri. Oleh karena itu sumber daya bahan galian industri yang dimiliki harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar dapat berdayaguna dan berhasil guna.

 

Tujuan

Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta mampu memahami dan menerapkan pengelolaan bahan galian industry secara tepat.

 

Materi

  1. Konsep Dasar Bahan Galian Industri
  2. Peranan Bahan Galian Industri
  3. Perkembangan Pertambangan, Permintaan, dan Pasar Bahan Galian Industri
  4. Prospek Bahan Galian Industri
  5. Macam-macam Bahan Galian Industri (Aspal, Barit, Batu Apung, Batu Dimensi, Batu Kapur, Batu Mulia, Belerang, Bentonit, Dolomit, Felspar, Fosfat, Gipsum, Kalsit, Kaolin, Kromit, Mangan, Pasir Kuarsa, Perlit, Talk, Tanah Jarang, Zeolit, Zirkon)
  6. Sifat-sifat Bahan Galian Industri
  7. Cara Pengolahan Bahan Galian Industri
  8. Analisis Proses Pembuatan Bahan Galian Industri
  9. Fase-fase Diagram Oksida untuk Menjaga Kualitas Bahan Jadi
  10. Studi Kasus dan Diskusi

 

Metode

Presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi

 

Peserta

Manager, Supervisor, staff, serta pihak lain yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang ingin menambah pengetahuan dan kompetensi mengenai Rekayasa Bahan Galian Industri.

Instruktur

Tim Instruktur

Offline Training atau Publik Training Mulai dari Rp. 6.500.000,00 | Online Training Mulai dari Rp. 2.500.000,00

Social Media

Duta Mandiri Training

Jadwal Training

Instagram Duta Mandiri Training

Referensi  wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.