PERAN ROBOTIK DI DUNIA PERTAMBANGAN

Kata “robot” diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki guna “pekerja” (worker). Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang dapat menjalankan tugas-tugas fisik, adil di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah diartikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Bila sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium ataupun dimanfaatkan sebagai kebutuhan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan yang tajam, masa ini robot telah digunakan sbg alat sebagai membantu pekerjaan manusia. Seiring dengan mengembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja di bidang sains, tapi juga di bermacam bagian pautannya, seperti di bagian kedokteran, pertanian, bahkan militer. Secara sadar atau tidak, masa ini robot telah “masuk” dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam bermacam struktur dan jenis. Hadir jenis robot sederhana yang dirancang sebagai melakukan kegiatan yang sederhana, mudah dan bersambung, ataupun robot yang dibuat khusus sebagai melakukan sesuatu yang berbelit-belit, sehingga mampu berperilaku sangat kompleks dan secara otomatis mampu mengontrol dirinya sendiri sampai batas tertentu.

Sebagai solusi mekanisasi, beberapa perusahaan mempekerjakan jenis robot yang berbeda. Robot pembongkaran yang dikendalikan secara jarak jauh yang ringkas serta serbaguna, secara unik cocok untuk kondisi yang menuntut operasional jauh di bawah tanah. Alat berat semacam ini menawarkan rasio daya atas berat yang luar biasa, setara dengan ekskavator klasik tiga kali lipat ukurannya, sementara lengan tiga bagian yang canggih memberikan rentang gerak yang tak tertandingi untuk pengeboran, skala, pemecahan dan pemasangan ke segala arah.

Tetapi ada lebih banyak lagi mesin yang fleksibel dan tangguh, yang bisa menawarkan operasi penambangan lebih modern. Selain penerapannya sangat dalam, kekuatan dan keserbagunaan mesin penghancur yang dikendalikan dari jarak jauh menjadikannya solusi yang ideal untuk tugas-tugas pendukung seperti revitalisasi dan pemeliharaan.

Sejumlah pelaku penambangan mengaku bahwa menggunakan robot semacam itu tidak hanya mempercepat kemajuan dalam kondisi seperti ini, tetapi juga meningkatkan keselamatan dengan melakukan sebagian besar pekerjaan fisik dan secara bersamaan menjauhkan pekerja dari bahaya.

Keserbagunaan

Untuk banyak kegiatan operasional, kembali ke poros lama menggunakan peralatan yang lebih modern dapat melengkapi proses produksi. Namun, mendapatkan poros ini dalam hal memenuhi peraturan keselamatan modern bisa menjadi proses yang sulit dan membutuhkan kerja keras. Sebagian besar dipenuhi dengan puing-puing, penyangga yang runtuh dan peralatan yang berserakan, membuat proses pembukaan menjadi lambat dan berbahaya.

Dalam situasi seperti ini, keserbagunaan mesin penghancur yang dikendalikan dari jarak jauh dapat meminimalkan kebutuhan peralatan dan personil untuk renovasi yang sangat efisien. Robot penghancur bisa melakukan hampir semua tugas yang dibutuhkan.

Pemeliharaan Yang Lebih Efisien

Keberadaannya juga membuat para penambang lebih mudah untuk memaksimalkan produktivitas untuk tugas-tugas penambangan di poros dan terowongan. Menggantikan kru yang sangat besar dengan sebuah tim kecil dan sebuah robot bisa menghasilkan proses yang jauh lebih efisien.

Masa Depan Penambangan

Dengan peralatan ekstensif dan opsi yang tersedia dari pabrikan inovatif, ada peluang untuk menggunakan robot penghancur di hampir setiap situasi perawatan penambangan poros yang beresiko tinggi. Kemungkinannya hanya dibatasi oleh imajinasi.

 

Referensi:

http://p2k.unkris.ac.id/id3/1-3065-2962/Robotika-Indonesia_92186_unusa_p2k-unkris.html

https://duniatambang.co.id/Berita/read/1660/Peran-Teknologi-Robotik-di-Industri-Pertambangan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *