Info In House Training SNI Peralatan Rumah Tangga dan Produk Audio Video PT Telkom Indonesia

Info In House Training SNI Peralatan Rumah Tangga dan Produk Audio Video PT Telkom Indonesia

Duta Training (18/04) – Pada tanggal 18 dan 19 Mei 2022, PT Duta Mandiri Nusa yang merupakan perusahaan berbadan hukum yang lebih dikenal dengan nama Duta Training menggelar 2 judul training yang berkaitan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Bertempat di Bandung, tepatnya di Telkom University Bandung, kedua judul training yang berlangsung adalah Pengujian Audio Video Berdasarkan SNI IEC SNI 04-6253-2003 dan Pengujian Home Appliances Berdasarkansni IEC 60335-1:2009 dengan peserta berasal dari PT Telkom Indonesia. Sebagai instruktur adalah Bapak Made Ulana yang berasal dari PT. Vertex Global Indonesia, Laboratorium Pengujian Elektrikal, Ubin Keramik, Mainan Anak, dan Produk K3L (Keselamatan, Keamanan, Kesehatan dan Lingkungan). Adapun pembahasan training yang tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya  adalah sebagai berikut:

Foto Info In House Training SNI Peralatan Rumah Tangga dan Produk Audio Video PT Telkom Indonesia

Deskripsi Pengujian Audio Video Berdasarkan SNI IEC SNI 04-6253-2003

Pengujian yang dilakukan di Laboratorium terkait dengan Produk Audio Video adalah pengujian full testing (pengujian seluruh parameter SNI), baik dari pengujian mekanis, elektris, serta pengujian keselamatan lainnya sesuai dengan persyaratan SNI 04-6253-2003. Alat-alat pengujian yang dimiliki seperti Peralatan High Voltage Tester, Digital Power Meter, Temperatur Humidity Chamber, Glow Wire Tester, EMC Immunity Tester, serta pengujian Mekanik komponen Audio Video. Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai ’Peralatan audio, video dan elektronika sejenis – Persyaratan keselamatan, diadopsi dengan beberapa modifikasi (National Differences) dari standar International Electrotechnical Commission (IEC) Publikasi 60065 (2001–12) dengan Judul ―Audio, video and similar electronic apparatus —Safety requirements.

Standar Nasional Indonesia (SNI) ini merupakan revisi SNI 04-6253-2000, standar ini dirumuskan oleh Panitia Teknis Elektronika untuk keperluan rumah tangga dan SNI ini telah dibahas dalam rapat Konsensus pada tanggal 10 Nopember 2003 di Jakarta.

Tujuan Pengujian Audio Video Berdasarkan SNI IEC SNI 04-6253-2003

Setelah mengikuti training Pengujian Audio Video Berdasarkan SNI IEC SNI 04-6253-2003 ini diharapkan peserta dapat memahami tentang standarsasi pengujian Audio Video sehingga dapat memenuhi standar SNI.

Foto Pelatihan

Uji Pratek Pengujian  SNI
 Pratek Pengujian SNI
Uji Pratek Pengujian  SNI
 Pratek Pengujian SNI

Deskripsi Pengujian Home Appliances Berdasarkansni IEC 60335-1:2009

Standar yang diacu antara lain ialah seri Standar IEC 60335 – Households and Similar Electrical Appliances – Safety, untuk peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, lemari es, seterika listrik serta oven microwave, dan IEC 60065 – Audio Video and Similar Electronic Apparatus – Safety Requirement, untuk peralatan audio video seperti televisi dan DVD playerkonvensional.  Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai “Peranti listrik rumah tangga dan sejenis – Keselamatan – Bagian 1: Persyaratan umum”, diadopsi secara identik dari standar International Electrotechnical Commission (IEC) 60335-1 (2001) + Am 1 (2004-03) Household and similar electrical appliances – Safety – Part 1: General requirements ”. Bila terdapat ketidakjelasan terhadap terjemahan isi materi standar ini, maka yang dianggap berlaku adalah sebagaimana yang tertera pada teks asli IEC tersebut. Standar ini dirumuskan oleh Panitia Teknis 13-02, Keselamatan Pemanfaat Tenaga Listrik melalui proses/prosedur perumusan standar dan terakhir dibahas dalam Forum Konsensus XXIV pada tanggal 6-7 Desember 2005 di Jakarta. Dalam rangka mempertahankan mutu ketersediaan standar yang tetap mengikuti perkembangan, maka diharapkan masyarakat standardisasi ketenagalistrikan memberikan saran dan usul demi kesempurnaan rancangan ini dan untuk revisi standar ini dikemudian hari

Tujuan Pengujian Home Appliances Berdasarkansni IEC 60335-1:2009

Setelah mengikuti training Pengujian Home Appliances Berdasarkansni IEC 60335-1:2009 ini diharapkan peserta dapat memahami tentang standarsasi pengujian Home Appliances sehingga dapat memenuhi standar SNI.

Di tahun 2022, selain training yang berlangsung, Duta Training akan menggelar berbagai macam judul pelatihan yang jadwalnya dapat di lihat di link berikut => Jadwal Training 2022.

Referensi: Website

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.