Evaluasi Efektivitas Manajemen Diklat

EVALUASI EFEKTIVITAS MANAJEMEN DIKLAT

 

 

Deskripsi

Pelatihan atau training merupakan kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saing serta meningkatkan profesionalitas karyawan. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menilai apakah sebuah training sudah benar – benar memberikan dampak positif bagi karyawan atau belum. Salah satu fakta yang bisa menjadi gambaran kenapa mengukur efektivitas pelatihan sangat penting adalah biasanya perusahaan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyelenggarakan sebuah program training bagi karyawannya. Di dunia bisnis, setiap pengeluaran biaya harus dikalkulasi dengan baik. Dalam hal ini pengeluaran untuk training merupakan sebuah bentuk investasi dimana perusahaan berharap di masa yang akan datang ada keuntungan yang bisa diambil. Sebagai contohnya diharapkan setelah dilaksanakan pelatihan, karyawan bisa langsung menerapkan ilmu barunya untuk kemajuan perusahaan sehingga otomatis keuntungan akan meningkat. Agar program training sesuai dengan tujuan awal  yang sudah direncanakan maka  perlu adanya evaluasi tingkat keberhasilannya. Evaluasi training meliputi evaluasi terhadap penyelenggaraan training, isi program training dan dampak training terhadap peserta dan perusahaan.. Terdapat berbagai macam model evaluasi training. Yang paling banyak diaplikasikan adalah model Kirkpatrick yang membagi evaluasi menjadi lima tingkat yaitu level Reaksi (Tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan training), level Learning (Tingkat pembelajaran), level Behaviour (Tingkat perilaku/aplikasi ditempat kerja), level Business Impact (Dampak hasil training  terhadap bisnis perusahaan) dan  ROTI (Return On Training Investment). Dalam training ini akan dibahas bagaimana merancang evaluasi training untuk semua level disertai dengan contoh aplikasi dan formulir yang diperlukan serta langkah langkah dalam evaluasi dan tindak lanjutnya.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan evaluasi efektivitas manajemen diklat, peserta memiliki pemahaman tentang bagaimana melakukan evaluasi terhadap training yang sudah dilaksanakan dan dapat merumuskan serta merancang program evaluasi untuk mengukur efektifitas dampak terhadap pekerjaan.

 

Materi

  1. Ruang lingkup,tujuan  dan sasaran Evaluasi dan Efektifitas  training
  2. Berbagai  model , teknik dan cara  dalam evaluasi DAN Efektivitas Training
  3. Mengukur Efektivitas Training
  4. Penilaian Karyawan Pra Training
  5. Monitoring Pelaksanaan Program Training
  6. Monitoring Efektifitas Training
  7. Pencatatan Lembar Penilaian
  8. Perencanaan evaluasi training dengan Model Kirkpatrick:
  • Level Reaksi (Tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan training) Level Learning (Tingkat pembelajaran)
  • Level Behaviour (Tingkat perilaku/aplikasi ditempat kerja)
  • Level Business Impact (Tingkat hasil terhadap bisnis perusahaan)
  • Level ROTI (Return On Training Investment).
  1. Perancangan sistem evaluasi : Data, formulir, prosedur pengisisan formulir, analisa data, interpretasi hasil dan tindak lanjut
  2. Praktek perancangan evaluasi raining
  3. Case study, kunci sukses dan hambatan dalam evaluasi.

Peserta

  • Manajer dan Staff Human Resource.
  • Manajer dan Staff Bagian Training.
  • Manajer dan Staff yang bertanggung jawab menentukan pelatihan yang tepat bagi karyawannya.

 

Social Media

Duta Mandiri Training

 

Jadwal Training

 

Pendaftaran
Offline Training atau Publik Training Mulai dari Rp. 6.500.000,00 | Online Training Mulai dari Rp. 2.500.000,00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *