Amdal Pertambangan

Deskripsi

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Hidup, yang dimaksud dengan AMDAL adalah kajian lingkungan dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Setiap kegiatan usaha berkewajiban melaksanakan AMDAL seperti yang tertuang pada UU No 32 Tahun 2009 Pasal 22 dan PP No 27 Tahun 2012 pasal 3 yang menjelaskan bahwa “Setiap Usaha dan/ atau kegiatan salah satu usaha perlindungan dan pengelolaan lingkungan dalam rangka pencegahan kerusakan lingkungan”. AMDAL merupakan dokumen perencanaan dan pencegahan suatu usaha yang memiliki dampak terhadap lingkungan, sehingga wajib melakukan kajian lingkungan dengan cermat dan mendalam sampai tahap pengelolaan dan pengawaan.

Kegiatan pertambangan merupakan suatu usaha yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Akibat dari aktivitas pertambangan dapat merusak ekosistem sehingga perlu dilakukan kajian AMDAL pada usaha pertambangan. Kajian AMDAL harus dilakukan dengan tepat untuk mencegah dan mengendalikan kerusakan yang terlalu besar pada lingkungan.

 

Tujuan

Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta mampu memahami dan menerapkan sistem amdal pertambangan yang tepat dan benar.

 

Materi

  1. Konsep amdal pertambangan
  2. Klasifikasi bahan tambang
  3. Kelayakan teknis pertambangan dalam pelaksanaan RKL & RPL (AMDAL)
  4. Isu-isu lingkungan akibat kegiatan pertambangan
  5. Ruang lingkup kegiatan tambang
  6. Hambatan dalam penanganan amdal pertambangan
  7. Studi kasus dan diskusi

 

Metode

Presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi

 

Peserta

Manager, Supervisor, staff, serta pihak lain yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang ingin memperdalam pengetahuan tentang Amdal Pertambangan.

 

Instruktur

Tim Instruktur

Offline Training atau Publik Training Mulai dari Rp. 6.500.000,00 | Online Training Mulai dari Rp. 2.500.000,00

Social Media

Duta Mandiri Training

Jadwal Training

Instagram Duta Mandiri Training

Referensi  wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.